Cara Efektif Mencegah Kulit Keriput

Kulit Keriput

Pada dasarnya kulit yang keriput merupakan salah satu tanda dari penuaan. Namun pada saat ini ada banyak sekali faktor penuaan dini dan timbulnya keriput lebih cepat yaitu faktor dari perawatan itu sendiri. Pada umumnya seseorang yang memiliki keriput atau garis halus akan mengalami pada usia 30 tahun keatas. 
Dan jika keriput sudah mulai muncul maka hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi anda untuk berusaha menyamarkannya. Namun ada beberapa langkah pencegahan yang bisa anda lakukan. Dan berikut ini akan menjelaskan secara singkat apa saja cara-cara yang efektif untuk dapat mencegah Kulit Keriput.


Langkah - Langkah Mencegah Kulit Keriput dan Penuaan Dini

Berlindung Dari Sinar Matahari
Kulit Keriput

Sering terpapar oleh sinar matahari langsung ternyata dapat berbahaya karena dapat merangsang penuaan dan kerutan yang muncul secara prematur. Sebaiknya sebelum anda keluar rumah anda harus melindungi kulit anda dengan menggunakan sunscreen dengan spf minimal 30 dan 50 setiap harinya. Anda juga bisa memberikan perlindungan lebih dengan menggunakan topi atau pakaian terang agar dapat memantulkan cahaya matahari dan menggunakan kacamata hitam bila perlu.


Menggunakan Pelembab
Kulit Keriput

Pelembab merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam melindungi wajah karena pelembab berperan seperti air untuk wajah. Pelembab akan membantu untuk menutrisi dan menghidrasi kulit anda, sehingga hal ini menjadi sangat penting karena semakin anda  menua maka semakin kering juga kulit anda dan hal tersebut akan memicu munculnya keriput. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pelembab dengan kandungan hyaluronic acid dan vitamin c akan sangat baik untuk mencegah timbulnya keriput.


Minum Air Putih Yang Cukup
Kulit Keriput

Air putih sangat berperan penting bagi tubuh manusia. Terlebih jika anda yang memiliki banyak aktivitas diluar rumah dan memungkinkan anda mengalami penuaan dini. Karena tidak cukup bila hanya memberikan hidrasi dari luar, anda juga harus memenuhi kebutuhan air putih harian. Karena semua organ tubuh membutuhkan air termasuk kulit. Dengan anda minum air putih yang cukup maka kulit anda akan menjadi sehat dan terhidrasi dari dalam.


Makan Makanan Kaya Akan Vitamin
Kulit Keriput

Sebuah studi di Belanda menyebutkan bahwa dengan kebiasaan diet sangat berhubungan dengan Kulit Keriput pada wajah terutama bagi perempuan. Sehingga sangat penting bagi kita semua untuk memperhatikan apa yang akan dimakan. Karena makanan yang kaya akan anti inflamatori atau antioksidan akan meningkatkan elastisitas kulit serta mampu melindungi kulit dari bahaya dan penuaan secara prematur. 


Posisi Tidur
Kulit Keriput

Sebuah studi menunjukan bahwa posisi tidur juga memiliki dampak pada terbentuknya keriput di wajah. Orang yang tidur dengan posisi menyamping akan memberikan penekanan menaik yang akan membuat proses terbentuknya keriput menjadi lebih cepat. Sebaiknya anda segera ubah posisi anda dan tidur terlentang agar dapat mencegah terjadinya keriput dan juga memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.


Jangan Merokok
Kulit Keriput

Rokok memiliki kandungan tembakau yang sangat berbahaya bagi kolagen dan elastin. Dengan merokok maka akan membuat kulit anda kehilangan elastisitasnya. Nikotin yang terkandung di dalam rokok juga dapat menghambat aliran darah pada kulit sehingga kulit tidak akan mendapat asupan oksigen yang cukup. Jika anda tidak ingin memiliki kulit wajah yang keriput maka sebaiknya anda hentikan kebiasaan buruk anda yaitu merokok.


Olahraga
Kulit Keriput

Gerakan olahraga wajah secara berulang seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening atau mengerutkan bibir ternyata dapat mempercepat pembentukan keriput pada wajah anda loh.  Anda bisa memeriksakan kondisi mata anda dan mendapatkan penanganan dari dokter. Anda hanya perlu melakukan olahraga seperti meditasi atau yoga agar dapat mencegah gerakan berulang pada wajah. Dengan begitu anda akan dapat mencegah terjadinya Kulit Keriput pada wajah anda.