Cara Mengobati Kulit Kepala Kering Dan Mengelupas

Kulit Kepala Kering

Memiliki kulit kepala yang kering dan mengelupas tentu tidak akan merasa nyaman bukan, karena hal tersebut akan menimbulkan ketakutan apabila hal tersebut dilihat oleh orang lain. Ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya kulit kepala yang kering dan mengelupas. Namun ada banyak juga cara-cara ampuh yang bisa mengobati masalah kulit tersebut.

Anda yang memiliki masalah ini sebaiknya jangan terlalu cemas dan khawatir karena ada banyak cara ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Jika anda belum mengetahui apa saja cara ampuhnya maka sebaiknya anda menyimak artikel ini sampai habis karena akan menjelaskan cara-cara ampuh dalam mengobati Kulit Kepala Kering dan mengelupas secara cepat.


Penyebab Kulit Kepala Kering Dan Cara Mengobatinya
Kulit Kepala Kering

Akibat Dermatitis Seboroik
Dermatitis Seboroik adalah sebuah kondisi yang umum dirasakan oleh semua orang yaitu memiliki ketombe. Penampakannya mungkin terlihat seperti kulit kepala yang kering namun hal yang sebenarnya terjadi adalah karena terlalu banyak minyak di kulit kepala. Seorang ahli bedah kosmetik dan spesialis kerontokan rambut Dr. Carlos Wesley dari New York pernah mengungkapkan bahwa “Ketombe disebabkan oleh produksi minyak berlebih atau sekresi lain di kulit.” Kelebihan minyak pada kulit kepala akan memblokir pengelupasan kulit mati dan hal tersebut akan membuat sel-sel kulit mati menjadi terlihat sangat jelas di sepanjang garis rambut. 

Akibat Produk Rambut dan Kebiasaan Styling
Penyebab rambut ketombe adalah produk rambut atau seringnya kebiasaan styling seperti pemakaian gel, krim, balm, pomade dan dry shampoo yang menumpuk di kulit kepala dan akan membuat serpihan kecil yang menyebabkan kepala menjadi gatal. Namun jika anda masih ragu penyebab ketombe yang anda alami maka anda bisa pergi ke dokter kulit untuk pengujian tempel yang bisa melihat bahan apa yang ternyata memiliki reaksi negatif pada kulit anda. Hasilnya nanti bisa menjadi panduan anda dalam memilih produk rambut apa yang ramah di kulit kepala.

Akibat Psoriasis
Penyebab Kulit Kepala Kering selanjutnya karena psoriasis yaitu sebuah kondisi kulit yang umum terjadi dan memiliki tanda-tanda seperti mengelupas dan berkerak, sisiknya pun lebih tebal dan lebih jelas daripada ketombe pada umumnya. Dr. Geraghty mengungkapkan bahwa “Penderita psoriasis bisa memakai shampo yang mengandung tar batubara atau asam salisilat dan minyak mineral sebagai bahan untuk perawatan kulit kepala yang dapat membantu melembutkan dan menghilangkan sisik. Jika hanya pergi ke dokter biasanya akan diberikan resep obat steroid topikal yang mengendalikan psoriasis.”

Akibat Diet
Ternyata semua makanan yang dikonsumsi mampu mempengaruhi kulit kepala, faktanya beberapa makanan berkarbohidrat tinggi mampu meningkatkan penggumpalan kulit mati pada kulit kepala yang akan menghasilkan serpihan. Anda bisa mencoba untuk mengurangi karbohidrat dan gula untuk bisa melihat perbedaannya. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen minyak ikan melawan kekeringan pada kulit kepala dan jangan lupa untuk minum air yang lebih banyak. 

Cara Mengobatinya Dengan Shampo Minyak Kelapa
Cara mengobati Kulit Kepala Kering adalah dengan menggunakan shampo yang terbuat dari minyak kelapa. Banyak orang yang menggunakan shampo dengan cara mengoleskannya pada helaian rambut bukan pada area kulit kepala. 
Anda bisa menggunakan shampo minyak kelapa sebanyak 3x seminggu untuk bisa mencegah ketombe datang kembali. Anda juga bisa menggunakan pengobatan lain dengan melakukan perawatan dengan minyak kelapa dirumah untuk dapat menenangkan kulit kepala dan anda bisa menggunakan perawatan kulit ini selama seminggu sekali.