Mencegah Noda Gelap Pada Wajah Karena Hiperpigmentasi

Penyebab dari hiperpigmentasi terbilang banyak ragam selain itu hal ini juga bisa disebabkan karena bertambahnya usia seseorang dan akibat oleh terpaparnya sinar matahari. Karena pada saat kulit terkena paparan sinar matahari akan membuat produksi melanin pada kulit akan meningkat sehingga timbul hiperpigmentasi. menjalankan pengobatan tertentu seperti obat kemoterapi juga dapat menimbulkan bercak hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, pada beberapa kehamilan, perubahan hormon pada ibu hamil dapat mempengaruhi produksi melanin.


Berdasarkan penyebabnya, hiperpigmentasi dibagi menjadi tiga jenis dan penyebabnya adalah paparan sinar matahari dikenal dengan sebutan lentigo yang biasanya hal ini akan akan muncul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti bagian lengan serta bagian wajah.  Ada juga kondisi yang disebut dengan melasma. Melasma adalah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang terjadi dalam masa kehamilan seseorang. Hiperpigmentasi bukan terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Itu sebabnya untuk menurunkan risiko hiperpigmentasi, disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan dalam sedini mungkin.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hiperpigmentasi yakni dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Contohnya, dengan hindari paparan sinar matahari langsung pada pukul 10 pagi hingga 4 sore, dikarenakan radiasi ultraviolet sangat kuat pada rentang waktu tersebut, dan sebelum keluar rumah dianjurkan untuk menggunakan sunblock yang memiliki kandungan SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang adalah penyebab munculnya noda gelap pada kulit. Jika tidak menggunakan sunblock saat berada di luar ruangan, sinar UV berisiko membuat noda gelap pada kulit menjadi bertambah lebih gelap. Tak hanya melindungi kulit menggunakan dari sinar ultraviolet saja, hiperpigmentasi juga bisa diatasi dengan menggunakan produk yang bisa mencegah terjadinya noda gelap pada wajah Anda.


Produk Untuk Mencegah Noda Gelap Akibat Hiperpigmentasi

Mencegah Noda Gelap

  • Krim Pemutih

Produk skincare dengan krim pemutih mampu mengurangi produksi melanin pada kulit yang menjadi penyebab timbulnya noda gelap. Oleh karena itulah, brightening cream mampu menjadi sebuah solusi dalam mencerahkan kembali spot hitam yang ada pada kulit. Akan tetapi Anda perlu berhati-hati saat penggunaannya, dan sebaiknya dipastikan kembali ke dokter kulit bahwa kandungan yang ada dalam krim pemutih yang digunakan tidak berbahaya bagi kesehatan.

  • Mengandung arbutin

Produk topikal yang memiliki vitamin C, tretinoin, asam glikolat, asam azelaic, asam kojik, ekstrak licorice ditengarai mampu mengatasi noda gelap yang muncul akibat hiperpigmentasi. Selain itu, beauty product atau produk kecantikan berbahan dasar alami seperti arbutin juga bisa menjadi sebuah  pilihan. Berasal dari bahan alami tumbuh-tumbuhan seperti bearberry, arbutin telah digunakan sebagai bahan pencerah dan pemutih kulit di seluruh dunia. Ini dikarenakan arbutin diyakini mempunyai fungsi yang bisa menghambat pembentukan melanin pada kulit.

  • Ekstrak humulus lupulus

Munculnya noda gelap pada kulit juga bisa disebabkan karena terjadinya proses penuaan pada kulit. Oleh karena itu, produk berbahan ekstrak humulus lupulus bisa menjadi pilihan dalam mengatasi penuaan pada kulit. Selain itu, kandungan yang terkandung pada ekstrak humulus lupulus juga mampu mengatasi timbulnya stretch mark pada kulit.

  • Menghindari produk yang mengandung paraben

Paraben adalah pengawet yang kerap digunakan pada kosmetik termasuk untuk bahan baku pelembab. Dianjurkan untuk menghindari pelembab yang mempunyai kandungan paraben, karena kandungan paraben berlebih memiliki kemungkinan untuk bisa memicu risiko penyakit kanker payudara.